• pasang banner

Iklan Premium

Jangan Salah Duga....

Jumat, 21 November 2008
Saat ini, cukup banyak biro-biro pembuatan skripsi yang gencar mengiklankan usahanya. Begitu banyak skripsi-skripsi yang ada di media internet misalnya, begitu banyak data-data skripsi orang yang "DIJIPLAK HABIS" hanya untuk kepentingan kelulusan.
Dengan mengatasnamakan kesarjanaan, seakan-akan mereka dengan seenaknya menginjak-injak "copyright" atau hak cipta orang lain, sehingga muncul kasus yang disebut dengan PLAGIAT SKRIPSI.
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah "VICOM" menjadi agensi/biro seperti ini, kami disini dengan tegas memberikan jawaban "TIDAK". Hal ini dapat dirinci penjelasannya sbb :
  • Pola Pembuatan Skripsi Vicom
Vicom menganut pola pembuatan skripsi yang disebut "taylormade system" atau biasa disebut dengan sistem tukang jahit. Jadi bagaimana membuat bahan menjadi satu produk "pesanan kampus" haruslah mengerti tentang cara dan metode pembuatan skripsi itu sendiri. Taylormade system adalah sebuah sistem pembuatan skripsi yang didasarkan pada kemampuan & potensi (bahan/materi) yang ada pada si mahasiswa/i kemudian dirangkai/dijahit seindah mungkin untuk memenuhi standar pesanan (pedoman skripsi masing-masing kampus).
Jadi, disini jelas vicom melakukan aktivitas "how to create", orang yang melakukan aktivitas seperti ini tentu sangat jauh dari unsur ide/gagasan yang dijiplak dari orang lain. Vicom dalam melakukan "how to create" didasarkan pada tujuh (7) langkah efektif "vicom style" :
  1. Skripsi yang dibuat adalah harus skripsi yang betul-betul merupakan ide dari si mahasiswa yang telah mendapatkan arahan dari dosen pembimbingnya.
  2. Ide itu kemudian dikembangkan dengan langkah-langkah (metode) ilmiah untuk merujuk pada sebuah fokus permasalahan yang terarah dengan benar.
  3. Fokus permasalahan itu selanjutnya harus dilihat dari segi materi/bahan/data yang dimiliki si mahasiswa/i sudah layak atau perlu ditambah.
  4. Kalau sudah layak barulah dibuat satu penulisan skripsi yang didasarkan pada kondisi subyek si pembuat skripsi, fokusnya yang mau jadi sarjana adalah orangnya bukan skripsinya. Jadi apapun bentuk/isi skripsinya harus tetap berfokus pada subyek (si pembuat) dan sama sekali bukan pada obyek (skripsinya itu sendiri).
  5. Dalam proses pembuatan, hal fundamental yang sangat menentukan adalah arahan dari pembimbing, karena dia ikut bertanggung jawab dengan skripsi yang dibuat. Jadi semaksimal mungkin harus dapat dimengerti, ditafsirkan dan diikuti arahan dari pembimbing.
  6. Mensinergikan antara mahasiswa (subyek), skripsi (obyek) dan pembimbing (rule of the games). Dalam tahap ini hanya orang yang memiliki pengalaman dalam membuat skripsi yang bisa melakukannya. Kalau orang yang baru, jangan harap bisa melakukan sinergi ini dengan baik.
  7. Mendorong sinergi yang ada ke arah tujuah utama yaitu penyelesaian skripsi dan lulus dalam sidang komprehensif.

Inilah tujuh (7) langkah efektif, yang akan dilakukan oleh "vicom" dalam menghasilkan skripsi yang memang benar-benar murni hasil karya pribadi si mahasiswa.

Dengan 7 langkah tadi maka SANGAT TIDAK MUNGKIN terjadi duplikasi skripsi, sudah jelas skripsi yang dibuat bukan copian/plagiat, betul khan ?

  • Misi Pembuatan Skripsi Vicom

Misi utama pembuatan skripsi vicom adalah menghantarkan si mahasiswa/i ke depan pintu gerbang kesarjanaannya. Jadi kalau menghantarkan sudah tentu berjalan bersama antara vicom dengan si mahasiswa/i itu sendiri. Disini harus jelas arah jalan yang akan ditempuh. Skripsi copian tentunya tidak mempunyai arah jalan (iya kan), karena arahnya sudah jelas masuk ke jurang. Sedang vicom justeru berupaya untuk menyelamatkan mahasiswa/i yang dibimbingnya ke arah jalan yang tepat (menghindari kelokan dan tikungan tajam apalagi jurang).

  • Profesionalisme

Vicom adalah biro pembuatan & konsultasi skripsi yang profesional, karena penanganan pembuatan skripsi oleh vicom sudah dimulai sejak tahun 1994. Jadi sampai dengan tahun ini, anda bisa hitung sendiri sudah berapa tahun pengalaman Vicom dalam bidang skripsi. Dengan didasarkan pada pengalaman yang cukup inilah, skripsi murni akan betul-betul diciptakan (how to create).

Berdasarkan uraian di atas, maka janganlah anda ragu, jika anda ingin membuat skripsi dengan otentik (asli) buatan anda sendiri, datanglah ke Vicom, kami akan dengan senang hati melayani anda. Semoga Sukses, sampai jumpa, kami selalu menunggu anda semua yang mempunyai tekad baja dalam menyelesaikan perjalanan panjang pembuatan skripsi yang penuh liku-liku dan hambatan. Terima kasih.

0 komentar: